Sabtu, 13 Mei 2017

Tingkatan dalam Pramuka Penggalang

Haaii kakak Pramuka..
Salam Pramuka..

Ketemu lagi nih sama kakak admin, pada kesempatan kali ini, kakak admin ingin membahas beberapa tingkatan didalam Pramuka Penggalang. Berikut adalah beberapa tingkatan dalam penggalang, disertakan dengan penjelasannya.. :-)

1.  Penggalang Ramu

Naaah, untuk tingkatan pertama dalam Pramuka Penggalang yaitu Ramu. Penggalang Ramu adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama sebelum Penggalang Rakit dan Penggalang Terap dalam satuan Pramuka Penggalang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata ramu dimaknai sebagai "kumpul; urun; menjadikan satu (pendapat, akar-akaran, kayu-kayuan)". Karenanya kemudian Gerakan Pramuka Indonesia menjadikan kata ini sebagai nama tingkatan pertama dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang, yang berarti dalam Pramuka Penggalang Pada tingkatan pertama ini, seorang Pramuka diajari untuk "mengumpulkan dan meramu setiap informasi yang berada didunia luar, agar mampu dipelajari dengan mudah (belajar dengan rajin).."

Hal ini mengandung filosofi bahwa saat Pramuka Penggalang mencoba menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum Pramuka Penggalang Ramu, diibaratkan sebagai komponen-komponen mentah yang terpisah dan berdiri sendiri-sendiri serta belum termanfaatkan dengan baik. Saat itulah mereka disatukan menjadi kesatuan yang padu, komplit dan berdaya guna.

2. Penggalang Rakit

Untuk tingkatan yang kedua dalam Pramuka Penggalang yaitu Rakit. Penggalang Rakit adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum Kedua setelah Penggalang Ramu dan Sebelum Penggalang Terap dalam satuan Pramuka Penggalang.

Secara bahasa, arti kata Rakit adalah "kendaraan apung dibuat dr beberapa buluh (kayu) yg diikat berjajar dipakai untuk mengangkut barang atau orang di air; getek;".. Secara istilah Rakit/Merakit memiliki arti sebagai "menyusun dan menggabungkan setiap bagian-bagian yang terpisah". Oleh karena itu, pada tingkatan kedua diberi nama "Rakit" yang memiliki arti bahwa Pramuka pada tingkat lebih lanjut harus mampu menyusun dan menggabungkan setiap informasi-informasi yang terpisah agar menjadi Pramuka yang memiliki keahlian dalam setiap bidang.

3. Penggalang Terap

Penggalang Terap adalah tingkatan ketiga atau tertinggi dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum satuan Pramuka Penggalang setelah Penggalang Ramu dan Penggalang Rakit. Disini memiliki arti bahwa Pramuka Terap harus mampu menerapkan apa yang telah dipelajari, dan menerapkan keahlian-keahlian yang selama ini dilatih selama berada dalam Pramuka.


Naaah,, sampai disini apakah kakak-kakak masih bingung nih..?? Kalo bingung jangan lupa tinggalkan komentar yah kakak, atau kakak bisa kirim pesan langsung ke e-mail kami di pramukamifa@gmail.com . Tapi kalo kakak-kakak udah paham sampai disini,, jangan lupa tinggalkan komentar juga yah kak, untuk kesempurnaan artikel ini dan setiap artikel dalam blog kami.. :-)

Yaudah kak,, terimakasih..
Salam Pramuka... :-)

0 komentar:

Posting Komentar